Selasa, 10 November 2009

resensi novel

RESENSI NOVEL



JUDUL : AYAT-AYAT CINTA
PENERBIT : REPUBLIKA
PENGARANG : HABURRAHMAN EL-SHIRAZY
TAHUN TERBIT : TAHUN 2005



Ayat – ayat cinta adalah salah satu novel best seller nasional. Sebuah novel karangan Habiburrahman El-Shirazy seorang novelis, sarjana Universitas Al-Azhar Kairo. Novel ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi juga di mancanegara. Jutaan pasang mata telah membaca dan juga telah menontonnya. Noval ini merupakan salah satu novel islami.


KELEBIHAN

Banyak sekali orang yang menyukai dan membarikan komentar terhadap novel ini setelah mereka membaca dan menontonnya. Ayat – ayat cinta adalah sebuah novel pembangun jiwa yang sangat lengkap kandungannya. Dan juga novel ini tidak hanya terdapat kandungan nilai sastra saja tapi juga terdapat nilai politik. Islami, budaya, etika, fikih, bahasa, juga nilai kandungan dakwah. Novel ini juga menekankan ajaran agama islam. Novel ini memang merupakan novel cinta yang islami oleh karena itu novel ini mengajarkan kita cara mencintai seseorang berdasarkan ajaran agama. Novel ini juga mendeskripsikan keindahan dari kota Kairo, Mesir. Terdapat banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil setelah membaca novel ini. Karena di dalam novel ini terdapat beberapa kalimat yang menggunakan Bahasa Arab. Jadi kita bisa mempelajari Bahasa Arab sedikit demi sedikit. Ayat – ayat cinta adalah sebuah novel yang mengharukan dan juga sebuah novel yang romantis. Dari buku ini kita dapat belajar bagaimana kita bisa total mencintai Allah tanpa kecuali juga mencintai Rasulallah. Buku ini juga memberi pelajaran untuk kita bagaimana menjadi seorang muslim yang tulua kekurangan.


KEKURANGAN


Setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Begitu juga dengan novel ini yang memiliki beberapa kekurangan. Tak banyak kekurangan yang kita temukan di dalam novel ini. Novel ini menceritakan seorang pemuda islami yang melakukan poligami. Oleh karena itu seolah-olah novel ini menghalalkan poligami. Dan juga novel ini terdapat Bahasa asing yang tidak semua orang dapat mengerti maknanya. Dan juga bahasa yang di gunakan agak sulit untuk di mengerti. Dan tak banyak novel ini menerangkan akan keindahan kota Kairo, Mesir. Yang mana tak sedikit orang mengetahui kota tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar