Rabu, 28 Oktober 2009

pengaruh eksistensi bhs.indonesia dalam kehidupan sehari-hari

TUGAS WAWANCARA BAHASA INDONESIA

PENGARUH EKSISTENSI BAHASA INDONESIA

DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

PEWAWANCARA: DHEA MEILIA PRATIWI

NARASUMBER 1 : BPK. DWINANTO

Pada hari Minggu,4 Oktober 2009. Pukul 10.00 saya mewawancarai Bpk. Dwinanto sebagai narasumber. Beliau tinggal di Bekasi dengan tema “PENGARUH EKSISTENSI BAHASA INDONESIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI”.

T : Sebagai warga Indonesia yang telah lama tinggal di Indonesia. Apakah anda telah merasakan pengaruh eksistensi Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari anda ?

J : Iya. Saya telah merasakan pengaruh eksistensi Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari saya.

T : Apa sajakah pengaruh eksistensi Bahasa Indonesia yang telah anda rasakan ?

J : Pengaruh ekssistensi Bahasa Indonesia yang telah saya rasakan adalah sebagai Bahasa Nasional yang dapat menyatukan kita dalam bermasyarakat.

T : Banyak yang mengatakan bahwa eksistensi Bahasa Indonesia sangat berpengaruh pada pergaulan. Mengapa bisa demikian ?

J : Karena Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional yang dapat menyatukan persepsi dan alat komunikasi bagi masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia.

T : Hingga saat ini, apakah pengaruh Bahasa Indonesia mengalami kemajuan atau kemunduran ?

J : Yang saya rasakan hingga saat ini sebagai bahasa pemersatu dan bahasa pergaulan mengalami kemajuan. Karena memang di perlukan sebagai alat komunikasi masyarakat dari berbagai daerah.

T : Menurut anda factor apa sajakah yang mempengaruhi eksistensi Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari ?

J : Menurut saya factor yang mempengaruhi eksistensi Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari adalah karena Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi kiota, sebagai alat dan bahasa pergaulan, dan juga sebagai bahasa nasional.

T : Apa pengaruh postif atas eksistensi Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari ?

J : Pengaruh positif yang telah saya rasakan adalah dapat menyatukan berbagai macam persepsi dan juga sebagai alat pamersatu bangsa

T : Dan apa sajakah pengaruh negatif eksistensi Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari yang telah anda rasakan ?

J : Pengaruh negatif eksistensi Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari yang saya rasakan adalah penggunaan bahasa daerah yang semakin berkurang.

T : Menurut anda bagaimana cara kita untuk tetap mengeksistensikan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari kita ?

J : Menurut saya untuk tetap mengeksistensikan Bahasa Indonesia kita sebagai warga Indonesia harus bangga terhadap bahasa kita dan juga kita harus senantiasa menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari kita.

NARASUMBER 2 : Siti Ramadhani

Pada hari Sabtu 3 Oktober 2009. Pukul 09.00 saya mewawancarai Siti Ramadhani sebagai narasumber. Beliau tinggal di Jakarta dengan tema “ EKSISTENSI BAHASA INDONESIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI”.

T : Sebagai warga Indonesia yang telah lama tinggal di Indonesia. Apakah anda telah merasakan pengaruh eksistensi Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari anda ?

J : Sebagai warga Indonesia saya telah merasakan eksistensi Bahasa Indonesia.

T : Pengaruh apa saja kah yang telahanda rasakan ?

J : Pengaruh Bahasa Indonesia yang telah saya rasakan adalah sabagai Bahasa Nasional dan jaga sebagai alat komunikasi kita.

T: Seperti yang banyak kita dengar. Banyak yang mengatakan bahwa eksistensi Bahasa Indinesia berpengaruh pada pada pergaulan. Mengapa demikaian ?

J : Karena Bahasa Indonesia adalah bahasa yang kita gunakan dalam cara bergaul kita dan juga bahasa Indonesia adalah sebagai alat komunikasi nasional yang digunakan.

T : Hingga saat ini,Apakah pengaruh eksistensi Bahasa Indonesia mengalami kemajuan dan kemunduran ?

J : Yang saya rasa kan sekarang Bahasa Indonesia mengalami kemajuan dan juga kumunduran.

T : Apa sajakah kemajuannya ?

J : Kemajuannya adalah karena saat ini Bahasa Indonesia semakin berkembang dan tidak sedikit warga Indonesia yang telah berbicara dengan bahasa yang baik dan benar.

T : Sedangkan apa sajakah kemundurannya ?

J : Menurut saya kemundurannya dalah semakin berkembangnya bahasa-bahasa yang tidak sesuai dengan EYD.

T : Dan faktor apa sajakah yang mempengaruhi eksistensi Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari ?

J : Menurt saya factor yang mempengaruhi eksistensi Bahasa Indonesia karena kita selalumenggunakannya dalam pergaulan kita, dan juga sebagia alat pemersatu kita, juga sebagai bahasa nasional.

T : Apa saja kah pengaruh positif Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari ?

J : Pengaruh positifnya dalah sebagai bahasa pemersatu dan juga sebagai alat komunikasi kita.

T : Dan apakah pengaruh negatifnya ?

J : Pengaruh negatifnya adalah semakin eksisnya Bahasa Indonesia semakin kurang eksisnya bahasa daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar